Sabtu, 28 September 2019

Nikmati Keindahan Pulau Bidadari yang Memesona

PULAU BIDADARI – Untuk kamu yang tinggal di Jakarta serta sekelilingnya, berlibur yuk! Tidak perlu jauh-jauh ke Bali atau keluar negeri, di sekitaran Jakarta saja. Kamu dapat berkunjung ke obyek wisata di wilayah kepulauan seribu. Disana terdapat beberapa pantai yang akan menganakemaskan kamu lho. Diantaranya ialah Pulau Bidadari, tempat yang benar-benar eksotis.

Nah, pulau bidadari ini sesuatu resort yang diurus oleh faksi swasta. Jadi tentu terbangun lah keindahan serta kebersihannya. Untuk ke arah kesana kamu dapat pergi dari Pantai Marina Ancol.

Tempat 


Pulau Bidadari terletak tidak bergitu jauh dari Jakarta, seputar 15 km saja kok. Pergi ke Pulau Bidadari, kamu dapat lihat gedung-gedung yang berada di Jakarta. Kota besar itu kelihatan seperti satu miniatur saja. Ada narasi tetang pulau yang satu ini lho. Berdasarkan catatan riwayat, di Pulau Bidadari ada satu benteng yang berdiri dengan kokohnya.

Akses Ke arah Pulau Bidadari 


Untuk dapat sampai ke Pulau Bidadari, kamu dapat pergi lewat Pantai Marina Ancol. Sesampainya disana, pergilah ke arah dermaga 17, ada speedboat yang telah siap mengantar kamu ke arah ke Pantai Bidadari. Rute dari Pantai Marina ke arah Pulau Bidadari tetap ada tiap hari. Jadwalnya dari jam 9 pagi sampai jam 3 sore, jadi kamu dapat senang nikmati keindahan alam di Pulau Bidadari sepanjang hari penuh.Diperjalanan, kamu akan nikmati indahnya panorama kepulauan seribu. Perjalanan yang memerlukan waktu seputar 20 menit jadi tidak demikian berasa waktu angin serta deburan ombak temani kamu.

Keindahan Pulau Bidadari 


Saat sampai di Pulau Bidadari, kamu akan disambuk oleh petugas yang berada di pulau. Siap layani apa yang dibutuhkan oleh pengunjung. Ada pula pemandu wisata yang akan memberi keterangan mengenai pulau dengan detil.Kamu dapat nikmati keindahan pulau dengan berkeliling-keliling, jika ingin bebas berjalan-jalan sendiri tanpa ada pemandu lebih asyik. Jika ingin tahu mengenai pulau tidak butuh cemas, info mengenai Pulau Bidadari telah berada di brosur yang diberi. Didalamnya cukup komplet kok, jadi tanpa ada pemandu juga kamu masih dapat tahu mengenai pulau indah ini.Di Pulau Bidadari ada tempat atraksi lumba-lumba. Diluar itu kamu dapat juga nikmati panorama rimba bakau, pasir pantai yang putih serta ada pula biawak yang bebas berkeliaran di seputar pulau.

Benteng Martello 


Di Pulau Bidadari ada satu benteng yang cukup sudah tua tapi tetap berdiri dengan gagahnya. Benteng Martello adalah satu diantara cagar budaya yang dibuat pada era ke-17. Benteng ini adalah benteng pertahanan yang dibuat pada saat VOC.Benteng pertahanan ini dibuat untuk menghambat lawan yang akan menyerang Batavia. Benteng Martello terbuat dari batu bata merah. Memiliki bentuk yang melingkar dengan diameter 23 mtr. akan mempermudah senjata untuk dipindahkan. Tebal dinding benteng ini ialah 2,5 mtr., di samping dindingnya ada jejeran jendela besar dan kecil.Benteng Martello seringkali dipakai untuk foto-foto. Dari mulai photo sendirian, berkelompok sampai photo untuk pernikahan dapat juga.

Cottage Apung 


Satu diantara dayatarik dari Pulau Bidadari ialah terdapatnya cottage yang mengapung. Walapun ada pula beberapa cottage yang masih berada di darat. Cobain deh kamu bermalam tadi malam di cottage apung ini, rasakan sensasinya tidur mengapung di atas laut, tentu hebat sekali tuch.

Pesona Pantai 


Jika kamu senang sama yang namanya pantai, pergi ke Pulau Bidadari ialah pilihan yang pas. Kamu akan lihat keindahan pantai pasir putih yang bersih serta terbangun. Di seputar pantai ada bangku enjoy yang menghadap ke pantai, hingga kamu dapat nikmati keindahan pantai dengan senang. Buat kamu yang menyukai bermain air, ada beberapa jenis olahraga air yang dapat kamu coba.

Prasasti Bersejarah 


Ada satu prasasti bersejarah berwarna hitam yang ada di pulau bidadari. Dibagian kiri serta kanannya ada patung memiliki nuansa Belanda. Jelas kelihatan ini sesuatu prasasti yang di tandai oleh Dinas Museum serta Riwayat Pemerintah DKI Jakarta. Di prasasti itu tercantum keterangan singkat tentang riwayat pulau bidadari. Ada 3 hal yang tercatat di prasasti itu, yakni :

1. Seputar era XIX dibuat kembali benteng berupa bulat yang mempunyai tujuan untuk mengamati serta membuat perlindungan pulau Oncurst.
2. Serangan Inggris pada Pulau Oncurst pada tahun 1800-1812 yang merusak benteng di pulau ini.
3. Pada tahun 1972 berdasar SK Gubernur DKI Jakarta Nomer CB 11/2/16/’72 diputuskan jadi suaka purbakala yang perlu dilindungi.

Prasasti yang mencatatkan sinyal riwayat ini supaya didapati oleh pengunjung pulau bidadari. Prasasti ini masih terlihat kuat serta terdapat di dekat ruang panggung.

Pulau Bidadari Kaya Akan Tanaman Langka 


Satu hal yang bisa membuat kita nyaman di Pulau Bidadari ialah jumlahnya pohon-pohon yang membuat udara seputar jadi lebih sejuk serta fresh. Disebut jika 60 % tempat pulau bidadari ialah pohon-pohon. Dapat kita pikirkan dong, begitu rindangnya serta menyegarkannya situasi di pulau Bidadari ini. Yang luar umumnya ialah pohon-pohon yang tumbuh di wilayah ini umumnya ialah tanaman langka. Waktu iya sich ? Ya, banyak pohon-pohon yang mempunyai ukuran yang benar-benar ebsar di selama jalan. Beberapa papan kayu tertulis nama pohon-pohon itu. Ada pohon yang bernama Sentigi, pohon Kepuh, Pohon Kosambi, Pohon Glodokan. Pulau bidadari mempunyai tanaman mangrove. Spesial untuk rimba mangrove ini ada di bibir pantai pulau Bidadari. Ada pagar pembantas serta sinyal larangan buat siapapun yang ambil atau mengakibatkan kerusakan sisi rimba mangrove. Yang butuh kita tahu ialah, rimba mangrove ini penting sekali faedahnya. Satu diantara faedah tanaman mangrove ialah jadi habitat satwa laut seperti ikan-ikan kecil, udang, kepiting, serta yang lain. Nah kekayaan pohon langka yang ada di pulau bidadari jadikan tempat ini jadi wilayah wisata alam yang mempunyai nilai edukasi buat beberapa anak sekolah. Beberapa siswa dapat dikenalkan tentang pohon-pohon langka itu. Harapannya supaya kita bisa menumbuhkan kesadaran siswa untuk jaga serta melestarikan lingkungan.

Kolam Lumba-Lumba 


Ada satu diantara sarana atau fasilitas yang baru ditingkatkan di Pulau Bidadari. Yakni sarana kolam lumba-lumba. Lumba-lumba di Pulau Bidadari ini dibagi jadi beberapa kolam. Mamalia pintar ini dapat beratraksi loh. Kita bisa memandangnya dengan pilih paket yang telah disediakan oleh pengelola. Ada paket Swim With Dolphin serta Feeding Dolphin. Tidak kebayangkan rasa-rasanya berenang dengan lumba-lumba seperti apa ? Yang tentu asyik dong. Kamu dapat juga selfie atau photo-photo bersama lumba-lumba. Nah tentunya kedatangan sarana kolam lumba-lumba ini benar-benar positif buat beberapa pengunjung pulau Bidadari. Sebab pengunjung bisa lebih kenal dekat satwa yang cukup pintar ini. Buat pengunjung yang bersama dengan keluarganya pasti suka bermain serta belajar tentang lumba-lumba yang satu ini. Ditambah lagi bila kamu bersama dengan putra serta putri kamu, wah tentu senang sekali tuch bermain dengan lumba-lumba. Atau justru malah sebaliknya, takut sama lumba-lumba hehe.

Habitat Satwa Langka Elang Bondol 


Yang lebih mengagumkan ialah, di pulau Bidadari ini ada sarang burung Elang Bondol. Kamu paham.kamu mengerti burung Bondol ? Ituloh burung sebagai simbol kota Jakarta. Burung ini ialah type burung langka serta hampir punah populasinya di dunia. Tentunya burung Bondol ini benar-benar dilindungi oleh pemerintah. Nah, sarang burung Bondol ini ada di satu diantara pohon yang tinggi sekali di samping Benteng Martello. Bila kamu bertandang ke sana, sarang itu akan kelihatan benar-benar jelas. Sebab sarang burung Bondol terdapat banyak ranting hingga bila disaksikan semakin lebih jelas.

Habitat Satwa Biawak 


Ada satwa yang hidup di pulau Bidadari, yakni biawak. Binatang melata ini dibiarkan hidup bebas di pulau Bidadari. Banyaknya direncanakan 100 an ekor. Mereka benar-benar terlatih dengan manusia serta hewan ini pun tidak beresiko. Biawak itu takut serta akan menghindar bila berjumpa dengan manusia. Waktu touring jalan mencari pulau Bidadari, seringkali kita berpapasan dengan hewan melata ini. Lumrah saja bila di pantai terdapat banyak jejak kaki biawak.

Penangkaran Rusa Totol India 


Tidak hanya biawak serta Elang Bondol, pulau Bidadari pelihara rusa totol India. Ada 5 ekor rusa dengan bintik-bintik di kulitnya. Rusa ini menyengaja dijaga dengan arah jadi satu diantara tempat wisata buat beberapa pengunjung pulau Bidadari. Rusa totol India itu dapat menyesuaikan secara baik di Pulau Bidadari. Itu dapat dibuktikan sebab salah satu rusa betina yang sedang hamil. Berdoa saja populasi rusa totol India di Pulau Bidadari dapat berkembang dengan cepat. Supaya populasi rusa totol India bisa terbangun secara baik.

Saung Kreatif 


Di pulau Bidadari disiapkan satu tempat sebagai fasilitas edukasi oleh beberapa pengunjung. Fasilitas edukasi ini terkait dengan sampah. Baik itu sampah dari kertas, daun, atau yang lain. Nama tempat ini ialah saung kreatif yang diurus oleh Bidadari Eco Resort. Temapt ini benar-benar berguna untuk menimba pengetahuan mengenai bagaimanakah cara mengurus sampah atau mendaur lagi sampah jadi barang yang lebih berguna serta mempunyai nilai jual yang tinggi sekali. Benar-benar pas sekali untuk beberapa mahasiswa serta siswa yang ingin belajar atau meningkatkan wacana mengenai sampah. Ada tig jenis type pemrosesan sampah di saung kreatif ini, yakni :

  • Daur Lagi Sampah Kertas 

Di saung kreatif ini kita di ajarkan bagaimana mendaur lagi kertas jadi type kertas padat yang baru serta dapat dipakai untuk bikin satu karya. Cara yang dipakai dengan langsung praktik atau coba. Triknya sederhana saja, kertas cukup di rendam selanjutnya dihancurkan dengan memakai jus. Lalu di bikin serta di press dengan alat tersendiri. Paling akhir ialah jemur kertas yang telah di press sampai kering. Cukup gampang dikerjakan dengan alat yang simpel.

  • Pengerjaan Kompos dari Sampah Daun 

Banyak daun kering yang jatuh di ruang pulau Bidadari ini. Sebab 60 % dari daerah pulau Bidadari ialah wilayah pepohohan. Daun-daun itu jadikan jadi kompos. Kompos berperan jadi pupuk tanaman. Sampah daun di pulau Bidadari ini banyak sekali. Hingga menimbulkan inspirasi kreatif untuk bikin kompos. Serta hasilnya benar-benar optimal serta efisien buat pengendalian wisata pulau Bidadari ini.

  • Pengelolahan Sampah Simpel 

Pengendalian sampah di sini benar-benar simpel sekali. Ita cukup memakai fasilitas aquarium yang bersekat. Prosedurnya ialah seperti filterisasi dengan memakai bebatuan yang ada di laut. Sederhana dengan memakai perlengkapan yang benar-benar simpel. Nah benar-benar berguna sekali kan ke-3 cara pemrosesan sampah itu. Meskipun simpel, tetapi beberapa orang yang belum tahu.

Santai di Pinggir Laut 


Sarana di Pulau Bidadari diperlengkapi dengan tempat duduk, pendopo, atau taman-taman yang benar-benar teduh. Kita dapat juga santai di dermaga kayunya loh. Semestinya saat ke dermaga kayu cukup sorean sedikit yah, agar tidak begitu panas hehe. Diluar itu kita dapat juga santai serta bermalas-malasan di bibir pantai yang sejuk dibawah pohon-pohon. Duduk di bangku-bangku selama pantai membuat kamu kerasan ada di pulau ini. Buat kamu yang menyukai menulis, tempat ini menyiapkan banyak ide. Ditambah lagi buat kamu yang jago untuk menulis puisi, ditanggung otak akan encer deh.

Water Sport 


Pulau Bidadari menyiapkan fasilitas water sport. Wah menyenangkan sekali bukan ? Ditambah dengan air laut yang jernih serta ombak yang relatif benar-benar tenang. Pasti benar-benar menarik untuk di nikmati dengan bermacam olahraga serta kegiatan yang menyenangkan. Nah di Pulau Bidadari kita dapat juga bermain banana boat, jetski, serta kano. Ada pula fasilitas untuk memancing atau cuma untuk sekedar berenang di laut. Panorama bawah laut pulau bidadari benar-benar indah sekali. Air yang jernih serta ombak yang demikian tenang benar-benar pas untuk olahraga snorkling bersama dengan rekan atau teman dekat.

Pohon Jodoh Pulau Bidadari 


Di pulau ini ada satu cerita yang benar-benar menarik dengan satu diantara pohon tua yang tumbuh di pulau ini. Pohon jodoh namanya. Pohon ini berdiri menjulang serta lumayan besar antara pohon yang lain. Pohon ini tumbuh di pinggir pantai. Cerita yang tersimpan dalam pohon jodoh ini ialah bila pasangan yang berpose di bawah pohon ini karena itu hubungan akan abadi. Masalah kebenarannya, ya wallahualam. Yang pasti tempat pohon ini benar-benar sejuk serta benar-benar enak untuk bersantai-santai. Sebab terletak yang di pinggi pantai.

Pohon Rejeki Pulau Bidadari 


Tidak hanya pohon jodoh, pulau Bidadari ini mempunyai pohon tua yang biasa diketahui dengan pohon rejeki. Pohon rejeki ini adalah satu diantara mitos yang berada di pulau Bidadari. Konon mitos yang tersebar tentang pohon rejeki ini ialah buat siapa yang berpose dengan sentuh pohon ini bertambah rezekinya lewat jalan yang tidak diduga-duga. Dari keterangan warga seputar, rejeki yang disebut tidak tetap berupa uang. Tetapi dapat berupa apa seperti jodoh, kesehatan, serta makmur atau yang lain. Letak dari tempat pohon rejeki ini ada di satu diantara halaman depan Bidadari Eco Resort sebagai tempat yang terbanyak di datangi oleh beberapa pelancong yang emnginap di pulau ini.

Serta umumnya beberapa calon pengantin baru yang lakukan bulan madu di pulau ini, banyak yang bermalam di tempat resort yang di depannya ada pohon rejeki ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar